Senin, 30 Desember 2013

Pergantian Tahun, Ajang Intropeksi Diri Mahasiswa



            Akhirnya tahun 2013 segera berakhir, tahun 2013 tidak akan kembai lagi, kita hanya bisa mengevaluasi diri kita apakah kita telah melakukan yang terbaik di tahun 2013. Jadikan tahun 2013 sebagai bahan renungan dan pada tahun 2014 kita bertekad melakukan hal-hal yang lebih baik dan lebih berarti dari tahun sebelumnya karena memanfaatkan waktu adalah sebuah keharusan.

            Memasuki tahun baru 2014, berbagai macam kegiatan acara telah disiapkan oleh kaula muda untuk menyambut malam pergantian tahun. Ada yang acara bakar-bakar ayam, menyaksikan pesta kembang api di tempat-tempat rekreasi, dan ada juga yang menikmati pergantian tahun dengan melakukan kegiatan serta home stay di luar kota.  Namun ada yang dilupakan intisari dari malam pergantian tahun yang sebenarnya, khususnya mahasiswa yang merupakan kaum intelektual seharusnya memperhatikan makna dari pergantian tahun. Sebagai mahasiswa, tentunya kita dituntut untuk bijak dalam melakukan sesuatu, malakukan hal-hal positif serta memikirkan seberapa efisienkah waktu yang telah kita manfaatkan adalah ciri-ciri mahasiwa  sejati.
Malam pergantian tahun selalu di idenrtik dengan acara hura-hura dan cuma memikirkan kesenangan belaka serta menghambur-hamburkan uang hanya untuk satu malam, namun setelah itu kesenangan tersebut akan hilang begitu saja tanpa memberikan manfaat apapun buat kita. Tidak cuma berpesta pora dan hura-hura yang tidak bermanfaat, namun seorang mahasiswa mesti memerhatikan bagaimana pada tahun yang akan datang harus lebih baik dari tahun sebelumnya, karena malam pergantian tahun merupakan momentum yang tepat melakukan introspeksi atas apa yang telah diperbuat selama setahun lalu. Kita bisa mengengevaluasi diri agar kedepan kita dapat berbuat dan bertindak yang lebih baik lagi baik dalam melaksanakan tugas maupun dalam kehidupan bermasyarakat.
Ada beberapa hal yang mestinya di perhatikan oleh mahasiswa dan menjadi bahan evaluasi untu di perbaiki pada tahun 2014, diantaranya:
1.    Hilangkan malas untuk duduk di bangku kelas.
            Apakah ditahun 2013 kuliah kita sudah maksimal, apakah kita telah melakukan hal-hal yang terbaik dalam mengemban tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa? Seandainya di tahun 2013 kita malas kuliah dan sering titip absen, tentunya kita yang merugi karena orangtua telah membayar mahal-mahal untuk kuliah, namun kita telah mengkhianati orangtua hanya karena rasa malas untuk masuk kelas. Berpikirlah kedepan, mana yang lebih besar manfaat daripada mudhrat yang kita peroleh dengan tindakan tersebut? Jika kita telah menyadarinya,  tentunya kita harus memiliki tekad kuat untuk merubahnya, berusaha menjadi mahasiswa yang rajin di tahun 2014.
2.    Tidak mencontek lagi saat ujian
            Mungkin di tahun 2013 saat ujian tengah semester atau ujian akhir semester kita sering mencontek saat ujian, bukan karena kita bodoh, hanya karena kemalasan untuk belajar sebelum ujian adalah penyebab utama seorang mahasiswa melakukan jalan pintas yang dianggapnya pantas. Timbulkan tekad yang kuat dihati untuk meninggalkan kebiasaan buruk itu, ingat seberapa banyak dosa yang kita buat dan merugikan diri sendiri. Jadikan tahun 2014 sebagai tahun perubahan ke arah yang lebih baik, perubahan yang bersifat progres. Menjunjung tinggi arti sebuah kejujuran adalah ciri-ciri seorang intelektual muda.

3.    Organisasi kampus.
            Seorang mahasiswa yang luar biasa adalah mahasiswa  yang menjadi aktivis, hidup di tengah-tengah masyarakat ilmiah di kampus rugi rasanya jika tidak menggunankan sarana-sarana yang telah tersedia di kampus. Di setiap kampus pada umumnya ada orgnisasi mahasiswa. Apakah di tahun 2013 kita telah memanfaatkan sarana tersebut untuk mengembangkan diri? Jika belum, kita bisa mencoba mengikuti salah satu organisasi yang ada dikampus pada tahun  2014. Jangan  cuma menjadi mahasiswa kupu-kupu yang hanya kuliah pulang-kuliah pulang. Tahun baru, gaya baru, dan belajar menjadi aktivis kampus.

4.      Berusaha memperbaiki IP
            Tujuan utama seorang mahasiswa datang dan belajar dikampus pilihan adalah untuk mendapatkan ijazah, namun ijazah juga tidak berguna jika kita memiliki  nilai yang rendah. Pada tahun 2013 apakah IP dan IPK kita sudah memuaskan atau belum? Hal itu adalah sesuatu yang paling penting dipikirkan oleh seorang mahasiswa, kalau IP dan IPK kita hanya biasa-biasa saja, jangan mengatakan itu sebuah takdir atau nasib. Bertekadlah untuk memperbaikinya, karena itu tindakan pertama dan yang terbaik. Apabila kita telah tamat nanti dan memiliki IPK yang tinggi, ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri dan dapat membahagiakan kedua orangtua.

            Banyak yang dapat dirubah oleh seorang mahasiswa pada tahun 2014, namun intinya, seorang mahasiswa dapat melakukan hal-hal positif seperti kuliah yang rajin, aktif berorganisasi, serta memiliki IP yang baik tentunya merupakan hal yang penting dan dapat dilakukan pada tahun 2014.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar