Sabtu, 15 April 2017

Fokus Kunci Menggapai Cita-cita

Setiap orang pada umumnya pernah memiliki cita-cita, mulai semenjak masa kanak-kanak hingga masa remaja di sekolah, selalu ditanyakan tentang cita-cita. Cita-cita adalah impian jangka panjang, impian yang akan digapai dengan cara-cara tertentu. Untuk  menggapai sebuah cita-cita tentunya tidak bisa dengan cara yang mudah, harus berusaha sekuat tenaga, mengorbankan segenap jiwa dan pikiran agar cita-cita tersebut dapat digapai, namun tidak semua orang mampu menggapai cita-cita yang dia harapkan. Hal ini karena tidak mau memperjuangkan, tidak mau mengorbankan jiwa dan pikirannya untuk menggapai cita-cita tersebut, dan yang paling sering membuat orang-orang tidak mampu menggapai cita-citanya adalah tidak fokus terhadap cita-cita tersebut.

Fokus terhadap cita-cita adalah hal yang tidak mudah, namun bukan berarti sulit, ini bicara tentang pengorbanan. Ketika seseorang ingin menggapai cita-citanya, ia harus fokus, melakukan setiap hal yang dapat membawanya kepada cita-citanya tersebut. Kelemahan anak muda adalah tidak bisa fokus untuk satu kegiatan, karena memiliki rasa penasaran yang tinggi, sehingga melakukan banyak hal dalam dalam satu waktu, sehingga tidak ada kegiatan yang yang benar-benar matang untuk penggapaian cita-cita, hal ini juga dipengaruhi karena faktor bosan yang melanda setiap orang, misalnya hari ini menulis, namun besok jadi pengusaha dadakan, dan besoknya lagi jadi driver grab, sehingga setiap kegiatannya tidak ada yang saling support untuk menggapai cita-citanya tersebut.

Agar mudah menjadi fokus adalah buatlah skala prioritas dalam hidup, prioritaskan hal-hal yang mendekatkan kepada cita-cita, setelah itu tingkatkan kesabaram agar tidak mudah bosan, setelah itu jangan banyak bicara, sedikit bicara dan banyak bertindak, terakhir tawakal kepada Allah.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar