Senin, 17 Juli 2017

Hati-hati Lowongan Kerja Palsu yang mengatasnamakan PT. Freeport

Saat sekarang ini sangat susah mendapatkan pekerjaan, karena jumlah lapangan kerja tidak seimbang dengan jumlah lulusan yang. Dengan banyaknya pencari kerja saat ini, dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menipu para job seeker ini. Kira-kira dua minggu yang lalu yang apply lowongan kerja di PT Freeport McMoran. Awalnya saya percaya saja, karena ditulis disana penempatan di Kota Bandung.
Setelah apply dua minggu, saya mendapatkan email yang mengatasnamakan PT Freeport bahwa saya dipanggil untuk tes di Papua. Awalnya belum ada kecurigaan, lagian saya juga tidak bakal pergi ke papua sana untuk ikut tes tersebut, sama tau aja berapa biaya tiket peswat ke sana, dan saya juga belum punya tabungan yanh cukup. Setelah saya scroll down undangannya yang berupa file PDF, lalu saya lihat adanya pembelian tiket pesawat ke agen tertentu, ah bisa saya tebak bahwa ini adalah PENIPUAN. Karena saya sudah pernah baca kriteria lowongan kerja palsu, salahsatunya adalah dengan syaraf membeli tiket pesawat di agen tertentu.

Gambar tersebut adalah contoh undangan untuk ikut tes menjadi karyawan PT Freeport di Papua, karena saya tinggal di Bandung. Sedangan bagi yang di daerah, seperti Padang, maka undangan tesnya di Kota Jakarta. 
Memang undangannya terlihat sangat meyakinkan karena terdapat tanda tangan pejabat Depnaker. Bagi teman-teman yang mendapatkan undangan tes atau apapun itu dengan syarat tertentu, lebih baik abaikan saja, karena hal tersebut adalah salah satu bentuk penipuan dalam lowongan kerja. 
Berikut undangan untuk tes di Jakarta 


Oleh karena itu bagi anda yang masih sibuk nyari kerja harus tetap hati-hati, jangan senang dulu kalau doaat undangan tes. Boleh job seeker, tapi logika tetap jalan. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar