Selasa, 19 Februari 2013

Cerita Teman

MALAM BERJUTA RASA
Oleh: Indah Permata Sari
Anggota Muda UKM Penalaran UNAND
Farmasi '11

               Malam ini tak secerah biasanya. Bintang lebih memilih bersembunyi di balik awan kelam daripada menampakkan pesonanya. Di malam yang kelam itu aku memantapkan langkah kakiku untuk mengikuti acara pelantikan di UKM Penalaran. Setelah lebih dari tiga bulan aku mengikuti tahap penyeleleksiannya, malam inilah saat-saat penentuan apakah aku akan terpilih menjadi keluarga besar UKMP ini atau tidak. Dengan penuh rasa penasaran, aku menyiapkan fisik dan mentalku untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada sebelum dilantik.

             UKMP adalah salah satu UKM yang ada di Universitas Andalas yang bergerak dalam dunia kepenulisan khususnya karya tulis ilmiah. Aku mengikuti rangkaian Open Recruitment di UKMP ini karna aku tertarik dengan wadah ini yang sesuai dengan keinginanku untuk mengembangkan bakat kepenulisan dan bisa bertemu dengan teman-teman yang mempunyai hobby yang sama denganku. Aku senang sekali telah dipertemukan dengan saudara baruku disini. Berbagai suka duka telah kulalui bersama mereka disini.

            Adapun teman - teman yang akan dilantik malam ini berjumlah 10 orang, 9 cewek dan 1 cowok. Sebenarnya ini adalah pelantikan yang kedua. Kurang lebih 30 orang anggota OR telah dilantik pada acara Pengabdian Masyarakat di Lubuak Minturun, Padang. Sedangkan kami yang berjumlah 10 orang ini tidak dapat mengikuti acara tersebut karna berbagai hal. Dan kami sangat berterima kasih kepada para pengurus UKMP ini yang masih memberikan kesempatan kedua bagi kami untuk menjadi keluarga besar UKMP.

            Tepat pukul 08.00 malam, acara diawali dengan diskusi bersama tentang berbagai masalah di campus dan berbagi info info terbaru yang ada. Kami pun mendapatkan wawasan baru untuk memahami makna seorang mahasiswa sesungguhnya. Aku yang dulunya hanya memikirkan cara untuk menyelesaikan tugas perkuliahan, sekarang tergerak rasanya untuk ikut berkontribusi terhadap berbagai fenomena yang ada di sekitar. Kita tidak mungkin sukses sendiri namun kita mestinya menjadi jembatan bagi orang lain pula untuk mencari solusi bersama demi kesuksesannya. Aku merasakan betapa selama ini aku begitu egois yang hanya mementingkan diri sendiri. Banyak hal pada diri ini yang perlu dibenahi. Seusai berdiskusi, acara pun dilanjutkan dengan makan bersama. Setelah itu kami yang akan dilantik disuruh untuk tidur terlebih dahulu.

                Pada pukul 01.30 dini hari, kami pun dibangunkan oleh suara tepukan tangan yang membahana dari ketua UKMP. Setelah itu, kami tak bisa tidur lagi. Rangkaian acara sebelum pelantikan pun dimulai. Hujan gerimis beserta hawa dingin menemani acara pelantikan ini.

               Tujuan acara ini yaitu untuk melihat kesungguhan kami dalam bergabung dengan UKMP ini. Wakil ketua UKMP ini pun memulai acaranya dengan menyuruh kami membentuk barisan yang teratur. Setelah itu kami dibagi menjadi 5 kelompok. Dan teman satu timku yaitu cowok satu satunya yang mengikuti pelantikan malam ini. Masing masing kelompok akan dipanggil untuk mengikuti aba aba yang telah ditentukan oleh pengurus dan panitia. Dan kelompokkulah yang mendapat giliran pertama untuk menjalankan aba aba itu. Berbagai macam aba aba pun kami jalankan bersama. Walau sedikit aneh dan menantang, namun tekad kami sudah bulat. Kami akan melakukan berbagai perintah yang ada selama perintah itu tidak membahayakan keselamatan kami. Namun semua perintah yang ada begitu menguji nyali kami dan melihat kesungguhan kami untuk bergabung di UKMP.

              Banyak kenangan yang terasa saat mengikuti berbagai instruksi yang ada. Kami disuruh untuk unjuk bakat, senyum 5 macam, dan berbagai tindakan konyol dan kocak lainnya. Terkadang ada rasa cemas dan gugup namun ada pula sesuatu yang begitu menggelikan dan mengundang tawa saat teman teman melakukan aksi kocaknya. Hal lain yang kurasakan saat malam itu yaitu suasana kebersamaan dan kehangatan saat semuanya saling membantu satu sama lain dalam melakukan berbagai instruksi yang ada. Begitu pula kepedulian dari pengurus serta panitia yang menjalankan tugasnya dengan baik. Aku merasakan suasana penuh kekeluargaan disana.

              Tak terasa, denting jam pun terus berputar. Alunan syahdu dari murottal alqur’an di mesjid mulai terdengar. Subuh menjelang dan detik detik pelantikan pun mulai terasa. Setelah melakukan instruksi terakhir yang konyol, kami pun dilantik. Dan Alhamdulillah kami semua terpilih menjadi anggota muda UKMP. Itu berarti kami sudah termasuk dalam keluarga besar UKMP.

               Pelantikan ini bukanlah akhir dari segala perjuangan yang telah kami lakukan untuk menaklukkan berbagai tantangan yang ada. Namun inilah awalnya bagi kami untuk mulai berkontribusi dan berjuang di UKMP dalam melaksanakan visi misi UKMP tersebut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar