Jumat, 23 Juni 2017

Sudah Saatnya Mengubah Mindset

Bagi sebagian besar orang, pola pikir sangat menentukan kesuksesan di masa depan, karena mindset memberikan sugesti kepada diri untuk bertindak. Apapun mindset yang dibangun sangat menentukan kesehariannya. 
Namun dalam masyarakat Indonesia masih banyak mindset yang salah kaprah, dalam menentukan tindakan banyak yang ikut salah karena mindset yang ia bangun sudah salah dari awalnya. Beberapa mindset atau pola pikir yang dibangun masyarakat Indonesia yang saya pikir tidak sepenuhnya betul antara lain. 
Lebih baik miskin tapi masuk sorga, daripada kaya tapi masuk neraka. 
Siapa sih yang tidak mau masuk sorga?  Siapa yang takut akan neraka? 
Siapa juga yang tidak mau kaya? 
Siapa juga yang tak ingin miskin? 
Jadi jika kita pahami lagi bahwa mindset tersebut seharusnya bukan menjadi rujukan bagi masyarakat. Memang ada hadist yang mengatakan bahwa banyak orang miskin di surga, namun tak ingat juga kah kita cerita tentang bagaimana orang kaya (pengusaha)  yang pertama masuk surga. Jika kemiskinan selalu membelit, hati-hati saja bisa menjadikan seseorang menjadi fakir, dan kefakiran mendekatkan kepada kekafiran.
Saya disini tidak menyalahkan penceramah di rumah ibadah, sebenarnya tujuan mereka baik, agar umat menjadi bersyukur akan keadaan (kemiskinan)  yang membelitnya, namun nyatanya jika hak tersebut membuat seseorang berhenti berjuang agar keluar dari lingkar setan kemiskinan tersebut, maka tujuan baik saja tidak cukup. 
Sudah saatnya mengubah mindset tersebut menjadi lebih baik kaya dan juga masuk sorga. Sehingga membuat seorang muslim berjuang untuk dunia dan juga akherat, bukankah kita selalu berdoa "Ya Allah selamatkan aku DUNIA dan Akherat, dan masukan aku ke dalam surga". Dalam doa sapu jagad yang sehari-hari kita ucapkan, kita selalu meminta keselamatan dunia dan akherat, namun jika ikhtiar kita hanya ikhtiar akherat saja, berarti kita telah menghianati doa kita sendiri. 
Sebaik-baiknya Harta berada ditangan orang beriman, karena jika Harta berada di tangan orang kafir, maka akan digunakan untuk hal-hal yang dilarang oleh Allah. Jika berada di tangan orang beriman, maka akan dia gunakan untuk hal baik yang diridhoi oleh Allah. 
Semoga kita bisa mengubah mindset menjadi lebih baik, optimistis dalam hidup, sehingga menjadi insan yang berguna. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar