Kamis, 15 Februari 2018

Tips Menghafal Surat Ar-Rahman Untuk Pemula

Beberapa minggu yang lalu saya pernah memposting tulisan yang berjudul "Pengangguran Produktif" di blog ini. Salah satu kegiatan produktif yang dapat dilakukan selama menganggur adalah menghafal al-qur'an.
Saya ingin berbagi pengalaman dan tips untuk menghafal al-qur'an, sebenarnya jika di lihat banyaknya hafalan saya, saya tidak pantas memberi tips menghafal al-qur'an,  namun karena ilmu harus dibagi-bagi, maka dengan mengucapkan bismillah saya ingin membagi pengalaman yang telah mencoba menghafal sebagian surat ar-rahman. Saya memilih surat arraham untuk dihafal ceritanya panjang, namun pada intinya surat ini adalah pengantin dalam alqur'an, surat yang sering kita dengar.

Ali ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya” Setiap sesuatu ada  pengantinnya. Dan pengantin Alquran adalah surah Ar Rahmaan” .(HR. Baihaqi)

Oke di sini saya langsung saja menceritakan pengalaman saya menghafal surat ini.
Awalnya saya tidak ada niat sedikitpun untuk menambah hafalan al-qur'an, namun karena waktu saya banyak terbuang untuk hal yang tidak berfaedah, oleh karena itu saya memilih untuk mengisi waktu saya dengan menambah hafalan al-qur'an saya.
Ada beberapa tips agar mudah dalam mengahfal alqur'an, sebernarnya sudah banyak dibahas oleh para pakar alquran, namun saya ingin sekali menulis versi saya. 

1. Tetapkan niat
Amal tergantung niat, begitulah dalam agama islam tercinta ini. Sebelum menghafal al-qur'an, luruskan dulu niat di hati, apakah sudah karena Allah atau karena yang lain. Ini penting, meskipun niat karena makhluk (selain Allah)  dapat mendorong kita untuk menghafal al-qur'an, namun ini sangat fana, cenderung tidak konsisten alias istiqomah, hal ini karena makhluk itu sifatnya fana. Jika niat sudah karena Allah, insyaallah kita mudah dalam istiqomah menghafal alquran. Jadi sebelum menghafal luruskan dulu niat. Nah cara untuk meluruskan niat ini yaitu dengan mempelajari keutamaan menghafal al-qur'an, mengetahui manfaatnya.

2. Pasang target
Bagi kamu yang pemula, baru akan memulai menghafal al-qur'an, pasang target tidak usah muluk-muluk, cukup satu ayat sehari.

3. Tentukan waktu menghafal
Waktu menghafal kita bisa menghafal ketika tahajjud di malam hari, ba'da subuh atau malam sebelum tidur. Waktu-waktu pikiran kita tidak diganggu oleh urusan dunia.

4. Download aplikasi alquran playstore
Dengan kemajuan dunia internet, banyak aplikasi-aplikasi yang berisi surat-surat alqur'an, bisa download aplikasi surat ar-rahman saja, lengkap dengan murottal atau mp3nya.

5. Sering-sering membacanya
Jika ingin menghafal ayat-ayat tertentu, baca dengan sering, baca sebanyak 30-60 kali, tujuannya agar lidah terbiasa dengan ayat tersebut, setelah terbiasa maka baca dengan sesekali memejamkan mata agar terekam kedalam otak. Setelah dirasa bisa, tambah dengan mendengarkan murottalnya.

6. Baca setiap shalat
Ini adalah praktek yang sesungguhnya, baca ayat yang telah dihafal ketika shalat wajib maupun shalat sunah, sehingga tetap ingat dalam otak.

7. Ulangi bacaan setiap saat.
"Mau makan aku ingat kamu, mau tidur juga ingat kamu". Begitulah. Kira-kira lirik lagu, tapi juga bisa dipraktikkan dalam menghafal qur'an, bukan lagunya ya, tapi metodenya. Setiap ada kegiatan ulangi bacaan, mau berangkat kerja baca lagi, mau tidur baca lagi, tapi jangan baca saat di kamar mandi ya.
.
Setelah menghafal, akan terasa manfaatnya, hati terasa menjadi tenang, stres bisa hilang, apalagi menghafal surat ar-rahman, fabiayii alla i'rabbikuma tukadziban, nikmat Tuhan yang mana yang kamu dustakan?.
Yuk menghafal al-qur'an, one one ayat aja dulu. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar