Senin, 15 Januari 2018

Pengangguran Produktif

Saya yakin banyak di antara freshgrad yang galau belum juga dapat kerja, jika kamu membaca tulisan ini, berarti kamu salah satunya. :p



Bagi sebagian orang pengangguran adalah aib yang harus dimusnahkan secepat mungkin, karena telah kuliah selama 4 tahun, tapi rasanya ijazah tidak ada gunanya, gelar hanya memperpanjang nama, lapangan kerja tidak menerima semudah mungkin, apalagi mencari pekerjaan yang sesuai keinginan, harus berjuang keras berbulan atau bertahun.
Nah kamu yang lagi menganggur, jangan stres deh, karena nggak kamu sendiri yang menganggu, terdapat jutaan manusia di dunia ini yang menganggur.
Nikmati saja masa-masa menganggur dengan menambah wawasan atau skill.
Saya pernah baca tentang lama menganggur, ada yang sudah 2 tahun, menganggur, tapi akhirnya dapat kerja juga.
Selama menganggur, manfaatkan waktu membaca buku, coba bisnis kecil2an (seperti ikut paytren, kalau mau daftar, kontak saya ya :D) yang penting otak tetap jalan biar selalu encer, jangan pasrah akan keadaan, seperti tidur-tiduran yang dapat membuat otak jadi tumpul.
.
Ketika menganggur, kamu juga bisa menambah ilmu agama dengan banyak dengar ceramah atau pengajian, karena ilmu itu sama dengan Harta lho, sama-sama berharga.
.
Meskipun kamu menganggur, harus tetap teratur dalam keseharian, bikin list aktivitas harian agar waktumu dapat bermanfaat secara maksimal. Seperti daftar kegiatan shalat tahajud, baca qur'an, apply lamaran, baca buku, shalat duha dan aktivitas lainnya yang dirasa pantas masuk agenda harian.
.
Selalu berprasangka baik sama Allah. Nah ini yang paling penting, ketika kamu sudah berusaha dan berdo'a, semuanya tinggal serahkan kepada Allah, karena cuma Allah yang tau apa yang terbaik untuk kita.
Jangan lupa olahraga. Hidupmu masih berguna, jangan malas-malasan, sempatkan waktu 3 kali seminggu untuk olahraga seperti lari atau senam. Ketika kamu rajin olahraga, maka stres kamu bakal berkurang, karena energi negatif telah tersalurkan lewat olahraga.
.
Lihatlah keluar rumah, ketika menganggur, sempatkan diri untuk melihat sekitar lingkungan, bahwa masih banyak manusia yang punya masalah yang sama dan setiap manusia memiliki masalah masing-masing, tergantung caramu menyikapinya.
.
Banyakin shalat malam. Nah kamu yang mengganggur, lebih baik banyakin meminta sama Allah di pertiga malam terakhir, baca ayat qur'an dengan pelan dan lembut, manfaatkan waktu menganggurmu untuk lebih dekat dengan Allah, minta sama Allah apa yang kamu harapkan. 
.
Tambah hapalan qur'an. Sebagai umat muslim, malu rasanya jika hapalan kita gitu-gitu aja, hanya berkutat pada surat pendek yang kul kul kul. Nah manfaatin waktu luang untuk menambah hapalan qur'anmu atau kembali menghapal surat yang dahulu pernah kamu hapal. Usahakan one day one ayat, gabung dengan komunitas penghafal qur'an di media sosial agar kamu lebih semangat, atau bikin komunitas sendiri dengan teman-teman dekatmu. 
.
Jika kamu sudah melakukan hal diatas, kamu tidak pantas lagi disebut penganggur, tapi lebih kepada masa transisi dari dunia kuliah ke dunia nyata. Tentang pekerjaan itu hanya masalah waktu, sekarang bangkitlah. Dirimu itu berharga, ingat Allah menciptakan sesuatu tidak sia-sia.
.
Salam pengangguran produktif!!  :D

Tidak ada komentar :

Posting Komentar