Selasa, 01 September 2015

Mahasiswa KKN Unand Pelajari Silat Kumango

Batusangkar, Tanahdatar dikenal dengan kekayaan adat dan budayanya. Salah satu yang menjadi daya tarik adalah silat kumango. Tak banyak generasi muda yang mempelajari keterampilan bela diri ini.


Namun, sebanyak 15 orang mahasiswa Unand yang tengah melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Nagari Kotobaru, Kecamatan Sungai Tarab mempelajari silat kumango langsung dari guru tuo silek Syekh Imam Mahyudin Dt Pamangku Malin Mancahayo.

Koordinator Mahasiswa KKN Unand Padang Yaser Arafat menyampaikan kegiatan belajar silat tersebut bagi mereka merupakan salah satu program untuk mempelajari tentang adat dan kearifan budaya lokal.

Mereka mulai berlajar silat sejak sesudah Lebaran. Mereka berlajar tiga kali seminggu yaitu malam Minggu, Rabu dan hari Jumat bersama pemuda Nagari Kotobaru.

Kegiatan selama melaksanakan KKN di Nagari Kotobaru  adalah pembenahan perpustakaan sekolah, pelatihan dokter kecil, pemberian bibit kakao, pelayanan kesehatan pada masyarakat, pemberian motivasi meningkatkabn minat masyarakat terhadap pendidikan.

Di samping itu juga mengadakan serangkaian perlombaan MTQ se Nagari Kotobaru, pertandingan badminton. Apalagi silat kumango sangat terkenal  dan bukan hanya dari gerakan saja namun juga filosofi.

Orang-orang yang memahami silat mempunyai analisa yang tajam. Mereka belajar silat bukan hanya gerakan saja. (*)

Sumber: Padek.co.id

Tidak ada komentar :

Posting Komentar