Jumat, 29 Agustus 2014

Saya Menyesal Tidak Melakukan Hal Ini Semenjak Sekolah



Saya sangat menyesal tidak ikut organisasi ketika saya duduk dibangku sekolah, hal ini karena saya terlalu mengejar nilai (hard skill) sehinga saya tidak mau diganggu dengan kegiatan-kegiatan organisasi. Memang sistem pendidikan yang mengutamakan nilai sekolah yang membuat siswanya lebih berorientasi nilai sehingga mengabaikan soft skill, padahal soft skill ini sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Setelah memasuki perguruan tinggi, saya selalu medengar betapa pentingnya soft skill, iming-iming manfaat organisasi, serta pihak kampus membabi-buta menyuruh mahasiswa ikut organisasi.


Saya yang latar belakang tidak pernah ikut organisasi sekalipun jadi bertanya-taya, apa sih manfaat organisasi? Apakah itu soft skill? Saya mulai linglung melihat teman-teman yang selalu membicarakan organisasi, dan minat yang mereka inginkan. Saya juga cari tahu organisasi-organisasi apa saja yang ada dikampus saya, dan  kebetulan ada kakak kelas saya waktu SMA menjadi pengurus sebuah organisasi, yaitu Unit Kegiatan Mahasiwa Penalaran.

Melalui informasi yang saya dapat dari kakak kelas saya tersebut, saya akhirnya berminat masuk organisasi tersebut. Sekarang, sudah setahun kepengurusan saya di Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran ini. Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran atau yang disingkat dengan UKMP adalah sebuah organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang karya tulis ilmiah. Sebagai mahasiswa, saya tentunya ingin sekali belajar menulis, sehingga pada saat menjadi mahasiswa baru di Universitas Andalas, saya banyak mendengar cerita dan informasi mengenai UKM ini. 

Selama saya berproses di UKM penalaran, saya mendapat banyak pengetahuan dan ilmu baru, baik yang mendukung secara akademis, maupaun non akademis. Saya tau bagaimana struktur organisasi, cara bekerjasama dalam tim, dan cara berkomunikasi. Meskipun saya belum bisa sepenuhnya, namun ilmu yang telah saya peroleh membuat saya pantas mengucapkan syukur pada Allah S.W.T.

Saya juga sering melakukan kesalahan saat berproses di UKMP ini, terkadang saya salah dalam berbicara, bersikap, tidak menghargai orang yang lebih tua, dan banyak lagi kesalahan-kesalahan yang saya lakukan hingga saya mendapatkan banyak kritikan oleh orang-orang disekitar saya. Saya malahan bersyukur telah melakukan kesalahan dan ditegur teman-teman organisasi, karena melalui itu saya bisa belajar untuk menjadi manusia yang lebih baik, sopan, dan saling menghargai. Di organisasi ini saya bisa berhenti merokok, karena lingkungan yang bersih yang membuat saya bisa meninggalkan perilaku tersebut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar