Selasa, 13 Juni 2017

Lamar kerja dimanapun. Tes di Jakarta?

Sebelum wisuda, banyak pertanyaan-pertanyaan seputar pasca wisuda yang diajukan kepada saya, salah satunya adalah kemana setelah wisuda? Apakah tetap stay di Kota Padang atau pergi merantau ke luar Sumatera Barat? Saya menjawab jika saya pergi ke Kota Bandung selepas wisuda, dan muncul pertanyaan selanjutnya, udah dapat kerja kah? Kerja apa di Bandung? Sehingga saya menjadi berpikir keras untuk menjawabnya, karena saya harus memberikan jawaban yang rasional kepada teman-teman saya dan juga saudara saya yang berada di Bandung.


Ada beberapa alas an yang membuat saya memilih Bandung sebagai perantauan selepas wisuda, yaitu Karena semua anggota keluarga saya berdomisili di Bandung, bekerja sebagai pedagang, sehingga saya di Kota Padang hanya sendririan, jauh dari keluarga, alas an kedua adalah saya ingin melamar kerja di Bandung, kenapa harus di Bandung? Selain punya keluarga, jika kita melamar kerja, rata-rata akan melakukan tes wawancara di Jakarta, jarak Bandung-Jakarta biasa ditempuh dalam waktu empat jam, berbeda jika saya stay di Padang, jika saya mendapat panggilan ke Jakarta, maka juga akan menghabiskan biaya transportasi. Mungkin karena pada umumnya kantor pusat perusahaan kebanyakan di Jakarta, maka wawancara juga akan dilakukan di Jakarta. Itulah alasan saya ke Kota Bandung

Tidak ada komentar :

Posting Komentar