Kamis, 15 Juni 2017

Membangun Pikiran Positif, Melahirkan Masyarakat Madani.

Positive thinking adalah ketika kita mampu mengendalikan pikiran agar selalu berpikiran positif terhadap kehidupan yang sedang kita jalani. Pertanyaan sederhananya adalah, kenapa kita harus berpikiran positif? Dalam kehidupan sehari-hari banyak cobaan dan ujian yang menimpa seseorang, sehingga membuatnya merasa sangat bersedih, down, bahkan stres akibat musibah yang menimpanya. Disinilah fungsi pikiran yang positif, dimana kita bisa mengelola keadaan, sehingga sesuatu yang buruk, tidak selalu menjadi buruk. Salah satu bentuk dari pikiran positif adalah selalu berprasangka baik kepada siapa saja, kepada manusia dalam menjalani hubungan horizontal, maupun kepada Tuhan secara vertikal. 
Ketika  kita mampu melahirkan setiap pikiran positif dalam diri, tidak saja bermanfaat bagi psikis, namun juga sangat berguna bagi fisik, karena keadaan diri sangat dipengaruhi oleh pikiran, pikiran memberikan sugesti terhadap tubuh sehingga ketika pikiran baik maka energi yang dikeluarkan oleh tubuh juga energi yang positif. 
Jika kita membaca sebuah buku yang sangat fenomenal berjudul the secret, dalam buku tersebut dibahas bagaimana pikiran mensugestikan setiap yang dipikirkan kepada tubuh. Pikiran ibarat bola yang kita lempar ke atas, bagaimanapun bentuk bola yang kita lempar, maka gravitasi bumi akan mengembalikan bola tersebut kepada kita, begitu juga sebuah pikiran, jika pikiran baik kita lemparkan ke atas, maka yang akan kembali juga pikiran baik. 
Selalu berpikir positif lah, karena tidak saja bermanfaat bagi kita, tapi juga sangat berguna bagi lingkungan kita, karena melalui pikiran positif akan menghasilkan ide-ide dan karya yang sangat besar. 
Tinggalkan perdebatan yang tidak penting  seperti perdebatan terkait pilkada di facebook, twitter atau kaskus, fokuslah kepada mimpi yang harus digapai. Dengan ini akan melahirkan masyarakat madani yang selama ini diimpikan. 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar