Senin, 19 Juni 2017

Mental Miskin Vs Mental Kaya

Dalam kamus besar bahasa Indonesia pengertian mental adalah hal bersangkutan dengan batin dan watak manusia, yang bukan bersifat badan atau tenaga. Mental ada dalam diri seseorang yang menciptakan karakter seseorang bermacam-macam.
Bagi seseorang memiliki mental buruk biasanya sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari, membuat lingkungan juga merasa terganggu oleh orang-orang yang bermental buruk. 

Berbicara tentang mental, maka dalam masyarakat juga terdapat orang-orang yang bermental miskin dan bermental kaya.
Miskin didefinisikan sebagai keadaan dimana seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, sedangkan kaya adalah orang-orang yang telah mampu mendapatkan penghasilan melebihi yang ia butuhkan. 
Dalam hal mental juga terdapat masyarakat bermental miskin, mental miskin ini bukan merujuk kepada kemiskinan secara fisik, namun kemiskinan secara mental adalah sebuah keadaan dimana seseorang merasa kekurangan meskipun ia sudah memiliki penghasilan yang cukup. Sehari-hari orang yang bermental miskin ini selalu mengeluh, merasa apa yang mereka miliki tidak mencukupi dan merasa cemas akan masa depannya. 
Orang yang bermental miskin akan sangat jarang sekali dalam berbagi, bersedekah atau berzakat. Mereka lebih suka menumpuk-numpukan kekayaan untuk kepuasan pribadi. 
Hal ini berbanding terbalik dengan orang-orang yang bermental kaya, baik dalam keadaan cukup atau keadaan kurang secara finansial, namun wataknya tidak menunjukkan kemiskinan, justru berwatak Kaya Raya. Hal ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, orang yang bermental kaya, akan selalu menjalankan hari-hari penuh semangat, rajin berbagi ke sesama manusia, meskipun mereka tidak kaya, namun ada saja uang yang mereka sisihkan untuk berbagi. 
Dalam kehidupan sehari-hari hendaklah seorang muslim menumbuhkan mental kaya dalam dirinya, meskipun secara finansial  masih sangat minim, namun watak kaya ini akan membawa ke finansial yang baik. Seorang yang bermental Kaya tentunya rajin dalam bersedekah, sehingga dengan sedekah yang mereka berikan, maka akan membawa mereka ke dalam kekayaan secara fisik. Allah telah menjanjikan bagi mereka yang bersedekah dengan mengembalikan 700 kali lipat, siapa saja yang bermuamalah dengan Allah maka Allah ganti berlipat ganda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar