Rabu, 14 Juni 2017

Ini Tips dan Trik Agar Skripsi Anda Cepat Selesai

Skripsi, mahasiswa mana yang tidak kenal dengan yang namanya skripsi. Khususnya mahasiswa S1 di Indonesia, dimana syarat untuk mendapatkan gelar sarjana harus menulis sebuah karya ilmiah yang bernama skripsi, meskipun ada kampus-kampus yang tidak mewajibkan skripsi sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana, namun mayoritas perguruan tinggi masih menerapkan aturan ini. 
Saya sebagai sarjana muda juga pernah menulis skripsi sebagai syarat untuk mendapatkan gelar sarjana sosial (S.Sos)  yang saya impi-impikan. Saya menulis skripsi lamanya 10 Bulan, bukan karena sulitnya menulis skripsi, namun harus berjuang untuk tetap survive sambil menulis skripsi, karena fokus saya sering buyar karena harus ikut proyek atau kerja untuk survive hidup. 
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman untuk teman-teman yang sering googling karena galau sehingga mencari tip dan trik untuk menyelesaikan skripsi ini, ataupun mencari motivasi dan inspirasi agar skripsi cepat selesai. 
Percaya lah bahwa jika anda saat ini sedang menulis skripsi, cepat atau lambat anda pasti akan meraih gelar sarjana. Tergantung niat, usaha dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa.
Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika menulis skripsi. Cekidot...
Pertama, Fokus. Anda harus fokus terhadap hal yang anda kerjakan, jika saat ini anda sedang membuat skripsi maka tinggalkan hal yang lain, baik kesibukan organisasi atau kesibukan nongkrong dengan teman-teman. 
Kedua, Bikin skala prioritas. Tidak cuman skripsi, apapun dalam hidup ini harus memiliki skala prioritas. Jadikan skripsi sebagai prioritas dalam hidup anda selama skripsi tersebut belum kelar, karena jika anda sudah memprioritaskan skripsi, dalam waktu dekat anda akan mendapatkan kemajuan dalam menulis skripsi ini. 
Ketiga, berteman dengan orang-orang yang sedang fokus skripsi, karena sebagai mahasiswa yang rata-rata hidup ngekos, pengaruh teman sangatlah besar dalam kegiatan sehari-hari, kalau teman anda hobinya main, maka anda bisa terpengaruh oleh kebiasaan tersebut, makanya carilah teman yang fokus ke skripsi, sehingga anda juga memiliki teman bertanya ketika skripsi anda stagnan, selain itu biasanya teman juga tempat mendapatkan motivasi dan meminta pendapat. 
Keempat, pintarlah dalam mengakses internet. Maksudnya adalah ketika anda membuka internet, hal yang anda buka pertama bukanlah facebook atau twitter, tapi bahan-bahan untuk menulis skripsi anda, anda bisa mengakses google cendikia, dan website yang berisikan jurnal-jurnal ilmiah. 
Kelima, jangan malas ke pustaka. Pustaka sebagai gudangnya ilmu, menawarkan banyak buku-buku pilihan yang dapat memperkaya referensi skripsi anda. 
Keenam, pelajari mood diri anda, ketika menulis skripsi, terkadang kita merasa mood sangat buruk, kadang sangat baik, sehingga anda harus mempelajari mood anda, jika biasanya anda merasa senang menulis pada malam hari, maka manfaatkan itu, sehingga malam anda bisa menulis skripsi. 
Ketujuh, Selalu standby laptop anda. Hal yang paling sulit adalah menghidupkan laptop, karena hal ini sangat berat. Dengan tetap menghidupkan laptop anda, maka anda dengan mudah membuka laptop ketika ide anda muncul suatu waktu. 
Kedelapan, jangan lupa berdoa. Senjata umat muslim adalah berdo'a, begitu salah satu hadist berbunyi, ya dengan berdoa, maka Allah pasti akan melancarkan segala urusan anda, termasuk skripsi, anda harus meminta kepada Allah, seperti shalat tahajud atau shalat Dhuha. 
Itulah beberpa tips dan trik yang harus anda lakukan agar skripsi anda cepat kelar sehingga cepat wisuda.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar