Selasa, 02 Desember 2014

EMPAT Cara Ampuh Agar Berhenti Merokok



Rokok, siapa yang tidak kenal dengan benda yang satu ini. Semenjak kecil kita telah dikenalkan dengan rokok, apalagi jika ayah kita merupakan perokok aktif. Iklan-iklan rokok yang begitu besar di jalan raya menunjukan betapa besarnya pengaruh rokok dalam kehidupan sehari-hari. Merokok adalah kebiasaan yang bagus, itu kata mereka para perokok aktif, mereka menganggap bahwa merokok dapat memberikan inspirasi dalam berpikir, kepercayaan diri.

Namun menurut saya merokok malahan menghancurkan inspirasi dan para perokok aktif merupakan orang-orang yang tidak percaya diri. Karena pada kenyataannya mereka harus dibantu oleh benda diluar tubuh mereka agar percaya diri. Jika ditengok kebelakang, sebulan yang lalu saya adalah perokok berat, dengan kata lain, hari ini genap satu bulan saya berhenti merokok. Tidak semudah yang dibayangkan, bagaimana tersiksanya ketika harus menahan keinginan untuk menghisap benda jahat tersebut.
            Lahir di keluarga perokok membuat saya dengan cepat mengenal rokok. Almarhum ayah saya merupakan orang yang peokok berat, begitupun saudara laki-laki saya. Saya telah mengenal rokok semenjak kelas dua SD, tepatnya ketika saya telah pandai membaca, dan ayah sering menyuruh saya membeli rokok ke warung. Membeli rokok untuk ayah hampir setiap hari saya lakukan, sehingga memasuki kelas lima SD saya juga penasaran bagaimana rasanya merokok tersebut. Dengan penuh penasaran, saya dan agan-agan saya mencoba untuk menghisap rokok, disini saya tidak membeli rokok, karena takut dan tidak punya uang untuk membelinya. Saya mengumpulkan puntung rokok yang saya cari di warung-warung lalu mnghisapnya di sungai ataupun di belakang rumah. Saat itu ada sebuah kenikmatan yang saya rasakan.
            Namun, disini saya belum menjadi perokok aktif, karena pertualangan pertama saya menjadi perokok aktif adalah pada saat kelas dua SMP, memasuki lingkungan baru membuat saya sulit untuk menjaga diri, terlebih masa SMP merupakan masa transisi. Pergaulan dan ajakan teman membuat saya kembali merasakan nikmatnya rokok, karena merasa sudah besar, gaul, keren, dan orang perokok merupakan orang yang pemberani. Pemaknaan ini muncul karena pergaulan yang tidak sehat waktu saya memasuki Sekolah Menengah Pertama. Menjadi perokok aktif selama sekolah (SMP-SMA) mungkin tidak sampai satu bungkus/hari, karena masih takut dengan orangtua. Pernah suatu ketika saya ingin berhenti merokok, tepatnta pada saat kelas dua SMA, namun kenyataannya cuma sanggup dua hari.
            Setelah memasuki perguruan tinggi memmbuat saya lebih bebas, merasa telah dewasa membuat saya merasa tidak khawatir lagi merokok dekat orangtua. Masa kuliah membuat saya lebih garang merokok, yang biasanya merokok cuma setengah bungkus, setelah memasuki perguruan tinggi saya menjadi perokok berat denga merokok satu bungkus/hari. padahal di perguruan tinggi saya hidup di lingkungan bersih atau boleh dikatakan cuma saya sendiri yang merokok, hal ini yang membuat saya banyak menerima kritikan dan teguran dari agan-agan saya.
            Namun sekarang saya telah berhenti merokok, sudah lebih enam bulan saya berhenti merokok. Mungkin agan-agan betanya bagaimana saya bisa berhenti merokok, padahal dulunyasaya adalah perokok berat. Baiklah saya akan memeberikan tips-tips agar agan-agan yang masih merokok dapat berhenti dengan tips-tips yang bakal saya sampaikan.
            Pertama, NIAT. Agan-agan tidak akan mampu berhenti merokok kalau dihati agan-agan belum ada niat yang kuat untuk berhenti merokok. Saya sebelum berhenti merokok, malahaan setahun sebelum berhenti merokok harus menanamkan niat dulu, walaupun kita yidak tahu caranya, nanti bakal dikasih jalan sama Tuhan yang maha penyayang. Jadi mulai detik ini, agan-agan harus menanamkan niat dulu sebelum saya jelashkan cara yang kedua. Hehehe
            Kedua, TEMAN. Kalau agan-agan masih berteman dengan orang-orang pencandu rokok, besar kemungkinan agan makin sulit untuk berhenti merokok. Jadi agan untuk sementara harus menjauhi (bukan memutus tali silaturahim) teman agan yang perokok. Memang berat, tapi agan harus mampu ngejelasin ke teman agan kalau agan pengen berhenti merokok. Setiap hal yang ingin kita capai itu butuh pengorbanan, mungkin menjauhi teman agan merupakan sebuah pengorbanan untuk hidup agan yang lebih sehat. Oke? Pasti oke.
            Ketiga, BANYAK MINUM SUSU dan MAKAN BUAH. Saya denger-denger dan saya baca-baca ternyata susu dan buah-buahan sangat mampun mengurangi zat nikotine yang ada dalam tubuh kita. Agan pasti tahu apa itu nikotine kan? Yap.. benar sekali. Zat ini yang membuat kita kecanduan akan rokok, bikin kita bisa gila kalau gak merokok. Jadi kalau zat ini berkurang, maka kecanduan agan akan rokok bisa berkurang.
            Keempat, BIKIN PERJANJIAN DIATAS MATERAI. Cara ini memang tergolong ekstrim. Banyak dari agan-agan yang menolak cara ini, tapi saya sendiri telah melakukannya, dan hasilnya saya berhasil berhenti dari pengaruh rokok. Jadi agan harus bikin perjanjian yang berisikan jika agan merokok lagi, maka agan harus akan didenda 10.000/batang rokok. Luar biasa bukan? Inilah cara terakhir yang saya lakuin semangat berhenti merokok ya!!!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar