Rabu, 03 Desember 2014

Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa.

Mahasiswa itu adalah siswa yang ngekos alias tinggal jauh dari orangtua. Kalau biasanya saat sekolah ada orangtua yang ngatur, yang ngingatin, kalau udah jadi mahasiswa maka semuanya harus dilakuin sendirian. Gak ada lagi yang namanya diatur sama orangtua, karena mahasiswa kita telah memasuki usia dewawa, jadi harus belajar mandiri. Biasanya yang paling sulit bagi mahasiswa itu adalah dalam soal manajemen, baik manajemen waktu maupun manajemen keuangan. Mahasiswa sangat lemah dalam dua hal itu, disini saya akan menjabarkan, berbagi tips bagaimana cara memanajemen waktu yang baik buat mahasiwa, biar waktu sehari yang katanya “CUMA” 24 jam mampu dimanfaatkan semaksimal mungkin. 

1. Tetapkan tujuan dan target
Buat target dari skala besar hingga skala kecil dari mulai target tahunan, bulanan hingga harian. Apa target tahun ini ? Meningkatkan IP ? Meraih nilai TOEFL 600 ? Menjadi mahasiswa berprestasi ? Apa pun tujuan dan target dalam hidup kamu, yang terpenting jangan pernah karena ikut-ikutan teman atau orang lain. Tujuan ini dibuat agar kamu selalu tertantang melakukan lebih hingga menjadi orang yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Catat jadwal kegiatan
Apakah kamu memiliki agenda harian yang berisi catatan jadwal kegiatan ? Bila belum, ini saatnya kamu mulai mencatat jadwal akademis dari mulai tugas makalah, kuis, presentasi maupun non-akademis seperti aktivitas sosial, rapat organisasi, dan workshop. Dengan mulai membiasakan diri mencatat kegiatan harian, kamu akan menjadi tertib dan terorganisir.

3. Tentukan skala prioritas
Kamu bisa mulai menetapkan skala prioritas di setiap rencana kegiatan dari mulai nomor 1 yang penting dan mendesak hingga nomor 4 yang tidak penting dan tidak mendesak. Selalu utamakan yang utama. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu menjadi lebih tegas dan produktif mengatur waktu.

4. Alokasikan waktu
Berapa banyak waktu yang kamu butuhkan untuk tidur, belajar, dan bermain dalam sehari ? Alokasikan waktu sesuai kebutuhan diri kamu. Jangan ‘mencuri’ jatah waktu tidur normal demi belajar ngebut semalam karena hal ini justru menurunkan daya konsentrasi dan kesehatan menurun.

5. Evaluasi
Selalu lakukan evaluasi pada pagi atas apa yang akan kamu lakukan pada hari itu dan pada malam hari atas apa yang telah kamu lakukan seharian sehingga kamu dapat menilai jadwal yang dibuat cukup realistis dan kamu pun menjadi lebih produktif.


Agar manajemen waktu berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan fokus pada hasil bukan sekedar menyibukan diri, maka ada siklus manajemen waktu, yaitu:
  1. Menetapkan Tujuan (Goal Setting)
  2. Merencakanan dan mekaukan kegiatan dalam bentuk daftar/list (To Do List)
  3. Memantau dan mengevaluasi dari tiap kegiatan (Monitoring and Evaluation)
Sebelum lanjut, coba jawab pertanyaan-pertanyaan dibawah ini:
  • Apakah anda menjadwalkan berapa jam anda membutuhkan waktu untuk belajar setiap minggu?
  • Apakah anda selalu tepat waktu dalam mengerjakan tugas?
  • Apakah anda mulai mengerjakan tugas besar / tugas akhir/penulisan ilmiah pada awal semester?
  • Apakah anda membuat daftar/list apa yang harus dikerjakan (to do list)?
  • Apakah anda menentukan target tertentu untuk setiap periode studi?
  • Apakah anda memulai belajar dengan mengerjakan tugas/PR yang paling sulit?
  • Apakah anda menyelesaikan belajar anda selama jam produktif setiap harinya?
Kalau jawaban anda di atas lebih banyak “Tidak” dari pada “Ya”, maka sudah saatnya anda melakukan manajemen waktu yang baru. Berikut ini beberapa langkah untuk meningkatkan manajemen waktu kita.
  1. Membuat Jadwal Per Semester
    Anda bisa mencatat jadwal kegiatan dalam satu semester ini, misalnya: jadwal sidang, PKL, TA, termasuk jadwal bimbingan. Selain jadwal kuliah, catat juga jadwal non-kuliah seperti: ekstrkurikuler, kegiatan organisasi, pulang kampung, kerja, aktivitas sosial, liburan, dll.
  2. Menilai dan Merencanakan Jadwal Mingguan
    (a). Buat daftar apa yang harus dikerjakan dalam minggu depan, termasuk tugas kuliah, praktikum, kuis. (b). Masukan kegiatan yang akan dilakukan minggu ini seperti: kumpul sama temen2, mengerjakan tugas, bersepeda, dll. (c). Estimasikan waktu yang dibutuhkan untuk setiap kegiatan. (d). Identifikasi kegiatan yang sering sukses dan sering gagal untuk bahan evaluasi.
  3. Membuat Jadwal Tiap Hari
    (a). Tulis jadwal harian pada setiap pagi, termasuk tugas-tugas yang belum selesai dari hari sebelumnya. (b). Berikan skala prioritas dari setiap tugas atau kegiatan.
  4. Evaluasi Setiap Jadwal
    Evaluasi jadwal setiap malam. Apakah semua tugas dalam daftar telah diselesaikan? Jika tidak, mengapa? Apakah karena jadwalnya tidak realistis atau manajemen waktunya yang tidak efektif? Apa penyesuaian yang bisa dilakukan agar di lain waktu anda dapat membuat jadwal yang lebih baik?
  5. Pintar-pintar Menggunakan Waktu
    Bagi mereka yang bepergian pake kendaraan umum, atau sering menunggu anda bisa menggunakan waktu ini untuk kegiatan yang positif, seperti membaca atau merencakan sesuatu.


Sumber: http://supono.wordpress.com/2012/10/29/manajemen-waktu-untuk-mahasiswa/
http://yoraanastasha.tumblr.com/post/23215958422/tips-manajemen-waktu-bagi-mahasiswa

Tidak ada komentar :

Posting Komentar