Senin, 01 September 2014

Para Perintis Sosiologi Bagian 4: Max Weber



Max Weber lahir di Jerman pada tahun 1964. Weber merupakan ilmuwan yang sangat produktif dan menulis sejumlah buku dan mkalah. Salah satu bukunya yang terkenal adalah The Protestan Ethic and the Spirit Capitalism (1904). Dalam buku ini ia mengemukakan tesisnya yang terkenal mengenai Etika Protestan dengan munculnya Kapitalisme di Eropa Barat. Weber berpendapat bahwa muncul dan berkembangnya kapitalisme di Eropa Barat berlangsung bersamaan dengan perkembangan Sekte Kalvinisme dalam agama Protestan: Kalvinisme mengharuskan umatnya untuk menjadikan dunia tempat yang makmur-sesuatu yang hanya dapat dicapai dengan kerja keras. 

Namun keuntungang yang mereka peroleh dengan kerja keras tidak dapat digunakan untuk berfoya-foya, karena ajaran Kalvaisme yang mengharuskan umatnya untuk hidup sederhana. Akibat ajaran Kalvinisme ini penganutagama makin makmur karena keuntungan yang ia peroleh tidak dihabiskan, melainkan ditanamkan kembali ke usaha. Melalui hal inilah, menurut Weber, kapitalisme berkembang di Eropa Barat.

Tulisan Weber lain seperti bukunya mengenai Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme, mengenai sosiologi agama, mengenai Agama Yahudi, Tioghoa, India, dan sebaginya tidak difokuskan ke interaksi  sosial, melainkan pada masalah berskala besar dan berjangka panjang menyangkut masyarakat serta hubungan antar kelompok dan ntarkelas yang terjadi dalam masyarakat. 




Daftar Pustaka

Sunarto, Kamanto. 2004. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar